Hari pertama tarawih tepatnya 1 Ramadhan 1430 H, sholat bareng ke mushola belakang. Sedikit jauh sih, lebih kurang 100 meteran. Lumayanlah. Itung2 olahraga dan ibadah juga. Ehan sangat bersemangat banget buat sholat tarawih. Ga nanggung2 baru beres adzan maghrib udah ngajakin ke mushola.
“Ya elah han, kan nungguin adzan isya dulu” , kataku
“Oiya ya, ehan lupa. Tarawih bukan habis maghrib ya lok?”
“hehehehee…”

Pas adzan, papa yang kebiasaan takut ketinggalan sholat sunnah, langsung ngidupin motor. Mhhhh…. si papa sama si ehan mah jadi perginya pake motor.
“Yaa.. Ibu2 pake kaki aja deh.”

Nyampe Mushola, sholat. Ternyata bener2 ujian banget ternyata. Hari pertama banyak banget yang ceramahnya. Mulanya pengurus mesjid, ngasih laporan dan informasi tentang ini dan itu. Ngabisin waktu sekitar 10 menitan lebih. Penceramah yang kedua lebih dahsyat lagi, ketua RT tak mau kalah. Padahal diminta buat ngasi kata sambutan aja buat awal ramadhan, berisi ajakan atau apalah. Tapi tak disangka tak dinyana si Bapak RT ngasih ceramahnya paanjaaaaaang banget….
Ngabisin waktu sekitar 30 menit lebih.

Nah sekarang giliran penceramah yang sebenarnya. Mata sudah mulai mengantuk pas Pak RT yang ngomong. Deuuuhh… jadi berat banget ni mata.
“atu uwa.. hormaaaaatttt graaakkk”
Tuinggg…… (posisi sambil duduk dengan kepala goyang2 ke atas ke bawah…)
Banyak banget kulihat ibu2 yang melakukan penghormatan alias angguk-angguk…
“haaaha…”, jadi ilang kantuk ini ngeliatnya
Banyak yang tak kuasa menahan ceramahnya. Sekarang udah mo pukul 21.00. belum beres juga.. ckckck…

Nyoba buat dengerin ceramah lagi dengan serius… duu… mata ini… berat…
“mmmhh, si Bapak nyeritain apa ya ma??”, tanyaku…
“hehe… makanya jangan tidur aja”, kata mama
“haaa??? Aku tertidur ya maa??”
Hihihih…. brati aku tadi juga melakukan penghormatan tanpa senjata dunk…hiahaaa….
Mhhh….
Ngusap2 mata….
Nyoba buat tilawah bentar. Kayaknya ini ceramahnya masih lama.
Udah mau jam setengah sepuluhan. 21.15an lebih kurang mohon maaf (yiahhaaa… ini kata2 siapa ya? Hehe… piss ma lova)

mmm…. akhirnya selesai sudahlah perjuanganku mendengar ceramah tarawih malam ini. Ya Allah…. kenapa diri ini kayak gini banget ya?? Pas pulang ngantuknya bener2 ilang. Nyampe rumah juga ga da ngantuk2nya sama sekali…

Healah…. setannya kuat banget ya tadi? Padahal kan di mushola….?
Brati tadi setan ikut nebeng sama aku ke mushola, hehe… eh, tapi kan setan katanya di iket??
Nah lohh…. hiiii… jadi dimana? Wuaa.. jangan2 setannya ada di diri ini….
Hiiiiiiiiiiiii.. hiahaha..

Nyampe rumah pukul sepuluh lewat sepuluhan mo lima belasan (sebenarnya jam berapa ini? Di rumah tidak ada jam yang akur sih…hiii)

Nulis2 bentar dikompi sampai mata betul2 mengantuk…
Dan akhirnya kantuk datang. Tapi kurindukan seseorang…
heee…

tidur gih….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *