Pas nyiapin makanan buat berbuka. Kembali teringat saat di surau. Hati kembali terenyuh. Mengigat riuhnya susanan disaat berbuka. Rame banget… ga da yang terlihat kelaparan. Cuman sedikit banyak juga yang laper mata.

Jadi ingat sewaktu dikasih kesempatan per kamar buat unjuk kebisaan dalam membuat ta’jil. Aneka makanan disuguhkan, mulai dari makanan tradisional hingga makanan yang modern. Macem2 dan aneh2. jadi banyak dapet resep makanan. Tapi yang paling sering pas dicobain lagi resepna. Yang ada
malah hancur.. wellew..wellew…

“Ini resep bener, apa kagak yiah?? Hehe…”
Yang tradisional, bikin onde2, bikin lapek nagosari, bikin bubur putih, burcang (menu paling sering nih, emang karena gampang deh), goreng pisang, bala alias bakwan, tek wan, kwetiau, capcai, mpek2 pak raden (hehee..), apa lagi yah??? Hii…

Yang modern, bikin spagheti, sgala macem jus kecuali jus jengkol sama jus pete, ju jeruk (ga pake s), agar2, puding, nutrijell (dengan berbagai macam variasi)…. cckckck… emang anak surau pada pinter2 masak n pinter2 makan juga…. wakakakka….

Teringat saat2 menjual brownis kukus ke kampus. Belum lagi kejual di kampus, sama anak2 surau udah kejual abis. Dasar… ini rakus apa ya?? Haha… besoknya masak lebih banyak lagi dan ditarok di warungnya buk adiak, ehh….. pas ditanyain kata buk adiak, yang belinya banyakan anak surau kok….hihih…..

Nah, enaknya ini. Nyoba satu kali masak di surau awak, mesti pinter2 (ajaran si Icha). Kita mesti masak dan minta buat semua anak surau nyicipin.
“Enak nggak??”
“hehehehe… enak….enak… Apalagi gretong (dasar anak kosan)…Besok bikin lagi ya…?”
“huekeke…. ok… besok dibikin lagi. Pada beli yaa??? Hahhaa….”, dasar otak minang…

Apapun makanan yang dibikin di surau…laris manis… soalnya semua pada banyak yang males masak. Banyak juga yang males beli makanan ke luar. Apalagi buat sarapan pagi. Pasti nungguin gorengan si Ibuk Barade…
“Bade..bade?? bade neng???”, ah jadi kangen si Ibuk…
“Kumaha damang buww??”….^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *