Media sosial dalam kamus besar bahasa indonesia artinya laman atau aplikasi yang memungkinkan pengguna dapat membuat dan berbagi isi atau terlibat dalam jaringan sosial. Sebelum memulai tulisan ini, terlebih dahulu ingin memastikan arti secara bahasanya apa tentang media sosial ini. Agar tulisannya setidaknya sedikit ada bobotnya. Tidak asal nyerocos seperti tulisan-tulisan sebelumnya. hehe. Secara bahasa media sosial itu berarti halaman yang memungkinkan kita saling berbagi isi dan informasi. Isinya pasti kita semua tahu, sangatlah beragam. Tinggal kita memilih informasi apa yang ingin kita bagikan dalam jejaring sosial. Ada yang isinya hanya curhatan semata. Hingga yang berisi informasi yang bisa bermanfaat bagi banyak orang. Tidak hanya itu di media sosial juga bisa banyak kita temukan hal-hal yang sering terjadi juga di dunia nyata. Misalkan perkelahian, percekcokan. Meski dalam status dunia maya.

Untuk media sosial tinggal kita yang memilih dan menentukan. Pakah akan kita bagi tentang isi yang bermanfaat, ataukah berbagi isi yang membuat emosi pihak lain. Berbagi isi berupa gosip misalkan. Yang pasti interaksi sosial ini terjadi di dunia maya.
Saling mempengaruhi, bisa pengaruh positif atau pun negatif. Jadi selain saling berbagi juga bisa saling mempengaruhi. Hal yang awalnya kita anggap sepele bisa menjadi sesuatu yang berharga dan wah yang ingin kita cari juga.
Contohnya, Dalam dunia mahmud-mahmud alias mamah-mamah muda yang baru mempunyai anak. Hal yang sepele bisa menjadi luar biasa disaat melihat anak yang menggunakan alat makan x dan si anak lahap makan. Atau beberapa waktu silam yang seorang influencer menggunakan metode makan tertentu untuk anaknya yang membuat heboh sejagat ibu-ibu dunia maya. Hal yang biasa hingga bisa saling mempengaruhi menjadi luar biasa. The power of social media atau the power of ibu-ibu yang bersosial media juga bisa jadi.

Lain lagi ceritanya dengan seorang wanita yang sebelumnya merasa kulit mukanya normal dan biasa saja, mendadak menginginkan treatmen khusus atau mendambakan melakukan skin care kekinian ala korea yang lagi hits di jamannya. Itu karena saling mempengaruhi. Padahal dalam sudut pandang awalnya kita erasa tidak perlu dan biasa saja dengan perawatan rutin kita. Dan ada banyak hal lain tenang pengaruh besar sosial media. Lebih cepat dari yang tercepat menyebarnya.

Cukup segini saja ulasan ringan seorang mesa membahas tentang media sosial ya. Ada banyak hal lain yang pasti masih akan lebih seru jika kita bahas di lain waktu dan kesempatan. Sekian.. dadaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *