Tentang hidup sehat, sekarang juga lagu berjuang untuk kembali bisa hidup sehat seperti semula. Semenjak di rumah sudah tidak ada lagi yang membantu bekerja. Pola hidup makin kacau dan kenaikannya signifikan bangett bokk. Karena kerjaannya sekarang cuma mengisi mulut biar kenyang biar ada tenaga untuk menguras keringat di rumah. Lagi masa, makan. Lagi menyapu, makan. Cuma pas lagi ke toilet mulut ini tidak mengunyah. Alhasil dalam 3 bulan terakhir bert badan yang awalnya masih kategori ideal. Naik sebanyak 5 kilogram.
Untuk tulisan di blog ini juga dan resolusi  ke depan yang mesti dijalankan juga. Kuingin menuliskan 5 cara agar bisa hidup sehat ala mesa. Jadi bukan tips sih. Lebih ke cara agar bisa memulai untuk hidup sehat kembali.

1. Setiap bangun tidur berusaha mengawalinya dengan peregangan dan olahraga ringan sekitar 10 menit minimal. Lalu minum segelas air hangat sesudahnya.

2. Rutin Berolah raga
Ini sebenatnya sudah harga mati menurut saya. Jika tidak berolah raga badan berasa lebih gak enak dan pegal. Jadi memang tubuh ini butuh olah raga agar lebih segar dan kuat. Dengan berolah raga, tubuh akan terus membakar lemak yang tidak diperlukan. Sirkulasi udara dan darah di dalam tubuh pun akan sangat lancar

3. Mengatur pola makan yang sehat dan benar
Tidak makan sambil bekerja atau gak makan nyambi-nyambi istilahnya. Karena, menurut pengamatan 3 bulan terakhir. Ini faktor paling tinggi penyebab naiknya berat badanku dan majunya perut. Selain membuat tubuh tidak mengenal rasa lapar. Makanan yang dimakan sambil bekerja gak akan berasa kapan kenyangnya. Karena kita tidak fokus jadi rasa kenyang tidak terkontrol di otak. Tubuh ternta butuh fokus untuk menerima makanan juga untuk bisa diolah lebih baik dalam pencernaan. Ternyata pencernaan kita butuh konsentrasi juga dalam bekerja. Jadi harus dibantu dari diri kita pribadi.

Mengatur pola makan yang benar. Seperti makan utama 3x sehari dengan porsi yang harus disesuaikan dengan usia. Mengurangi karbo dan lebih banyak mengkonsumsi protein. Metabokisme untuk orang berusia di atas 30-an itu ternyata tidak sama dengan yang masih berusia dibawah 30. Jadi tidak bisa disamakan pola hidup disaat masih duduk di bangku sekolah.
Lebih banyak makan makanan yang mengandung serat. Seperti sayur dan buah.

4. Kurangi makanan manis dan ber-MSG
Ini sudah pasti tidak baik untuk kesehatan jika mendapatkan makanan ini yang diluar batas kemampuan kita menerimanya alias berlebihan. Jika ingin betul-betul dihindari akan lebih baik lagi.

5. Jangan pernah lupakan sarapan
Kalau dahulu. Sarapan seringnya sama oatmilk susu dan buah. Ini sering banget dan rutin selain juga rajin puasa. Jadi tubuh rasanya lebih enteng dan segar. Sekarang kalo pagi apa saja yang ada pasti di maka. termasuk sisa cemilan sebelumnya seperti donat. Sudahlah ini mah wassalam.

Terakhir saya tambahkan untuk mengatur jadwal makan malam paling lama cepat beri jarak dua jam sebelum tidur. Karena jarak yang dekat tidak bagus dan membuat tubuh lelah mengolahnya. akhirnya menumpuk dan membuat masalah baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *