Pas banget temanya tentang liburan. Karena memang tidak lama lagi akan libur ya. 
Apa saja ya, kegiatan yang biasa kita lakukan selama liburan? Biasanya kita membuat dulu agenda selama libur apa saja. Dan berdasarkan agenda tersebut coba akan kita lakukan satu persatu. Jika liburnya sabtu dan minggu, sudah pasti ini seringnya kita jalan keluar. Family time buat kita semua. Bagi Adha yang sudah lelah bekerja memeras otak selama 5hari, buat anak-anak yang sudah menjalankan tugasnya sebagai anak yaitu sekolah, dan bagi saya yang cukup padat merayap kegiatannya selama 5hari tersebut. 

Jalan ke luar rumah tidak mesti jauh-jauh atau yang disengajakan harus ke satu tempat wisata seperti puncak misalkan. Engga juga sih, agenda libur yang agak jauh harus sedikit kita rencanakan juga. Karena menyangkut keuangan yang akan digunakan juga. Jadi paling sering dan wajib kalau hari libur biasa sabtu minggu itu adalah kita istirahata panjang di rumah. Lelah istrihat jalan keluar sebentar, sekedar nonton di bioskop jika ada film yang bagus ditonton atau hanya sekedar untuk mencari makan, karena terkadang saya meliburkan diri juga untuk memasak. Satu kegiatan wajib adalah belanja mingguan. Ya, belanjanya mingguan untuk kebutuhan satu minggu kita menggunakan sistem belanja mingguan untuk makanan, yang otomatis untuk keperlua bulanan seperti persabunan dan lainnya kita cicil setiap minggu tersebut dengan mengambil batang yabg dibutuhkan tapi dalam keadaan promo saja. Hehe. Lebih hemat bukan. 

Kalau kegiatan selama liburan yang cukup panjang. Yang biasanya dilakukan lebih kurang seperti ini,
1. Bersih-bersih akbar (deep cleaning)
Mulai dari bersih-bersih secara besar-besaran mengawali liburan agar rumah lebih nyaman dan aman untuk digunakan. Memiliki 2 orang balita yang alergian, membuat kegiatan ini wajib kita lakukan. Pekerjaan yang pada saat hari biasa hanga bisa kita lakukan sebatas standar, dengan bersih-bersih akbar membuat kita membersihkan jauh lebih dalam dan jauh dari biasanya. Mensortir benda2 yang sudah tidak digunakan. Mana yang bisa dihibahkan dan mana yang sudah patut di buang. Sudut-sudut rumah yang tidak tergapai buat dibersihkan saat hari biasa. Bisa dibersihkan lebih bersih lagi. 
2. Bermain dan belajar
Hal ini tetap harus dijadwalkan ya. Meminimalisir anak menggunakan gadget secara berlebihan. Harus ada agenda seru yang membuat mereka teralihkan. Dengan kegiatan simple di luar rumah misalkan. Menyiram bunga, menyapu halaman hingga bermain air, kegiatan yang pasti jarang ditolak anak.
Bermain menggambar, dan kegiatan seru lainnya bersama anak yang harus menjadi daftar agenda wajib liburan.
3. Silaturrahim ke rumah saudara
Kalau hari biasa tidak sempat dan pasti semuanya juga pada sibuk, jadilah dengan bersilaturrahim ke rumah saudara di saat liburan bisa membuat kita lebih menguatkan rasa persaudaraan dengan keluarga dan teman lainnya.
Dan berbagai macam kegiatan lainnya yang sudah kita bahas di agenda liburan sabtu dan minggu yang bisa juga kita lakukan di saat liburan panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *