Satu hal yang sering terlupakan bagi kita sebagai orang tua saat mempersiapkan kelahiran anak kedua adalah mempersiapkan sang kakak. Hamil anak kedua seringkali membuat kita lupa dan terlalu fokus pada persiapan untuk melahirkan.

Apa saja sih yang perlu kita persiapkan buat sang kakak ketika adik lahir?

  1. Berikan perhatian seperti biasa sebelum adik lahir. Kalau bisa bunda lebih fokus dan intens dalam berinteraksi dengan sang kakak. Agar muncul percaya di dalam dirinya bahwa ketika adik lahir, rasa sayang orang tuanya tidak berkurang sedikit pun. Bahkan kakak akan merasa sangat bahagia ikut menyambut kehadiran anggota baru di keluarga.
  2. Libatkan sang kakak dalam membantu ibu dalam mengurus adik. Hal-hal yang sederhana misalkan kakak ikut menolong bunda mengambilkan pakaian atau diaper sang adik. Bunda bisa memberikan apresiasi dan berterima kasih kepada kakak yang telah ikut membantu. Kepercayaan diri kakak pun kembali meningkat disaat diberi keperayaan. Untuk hal-hal yang bersifat bahaya atau belum saatnya kakak lakukan, bisa bunda berikan penjelasan secara halus atau bisa sampaikan kalimat yang bisa diterima. Misalkan disaat kakak ingin menggendong adik yang baru lahir, bunda bisa menyampaikan, “ akan bunda bantu dulu ya kali ini, nanti hingga kakak cukup kuat dan bisa menggendong, bunda akan memperbolehkan kakak menggendong adik.”
  3. Ceritakan kepada kakak hal-hal yang menyenangkan yang bisa dia lakukan bersama adik nantinya. Misalkan bermain bersama, punya teman bermain di rumah. Bisa saling cerita dan berbagi (meski untuk anak usia balita, konsep berbagi belum begitu mereka mengerti ya).

Sekian ya, tips singkat dari bunda dalam mempersiapkan kakak untuk menyambut kelahiran anak kedua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *