Dari sinilah titik balik saya memulai suatu mimpi yang baru. Memulai menumbuhkan rasa percaya diri yang lama terperosok ke bawah. Saya merasa minder, merasa rendah dan tidak punya ilmu serta wawasan. Tidak ada keahlian yang bisa saya kembangkan untuk menjadi satu jalan untuk meloncat lebih tinggi. Cita-cita dan keinginan sangatlah banyak. Tapi yang menjadi peghalang adalah diri saya sendiri untuk mewujudkan mimpi-mimpi. Dengan dalih, sudah punya anak, sibuk mengurus rumah, dan sebagainya.

Sejak menjadi seorang Ibu rumah tangga. Bertahun-tahun berkutat dengan permasalahan yang tak berubah setiap harinya, membuat saya merasa tidak bisa mengembangkan kemampuan diri sendiri. Tidak bisa memberdayakan diri. Padahal tergantung bagaimana kita memposisikan diri kita ya. Bagaimana cara kita memandang sesuatu. Mau tetap seperti ini atau ingin berubah. Sepertinya mudah, tapi disaat saya berada di posisi itu, sangatlah sulit untuk menumbuhkan kepercayaan diri saya kembali.

Hingga akhirnya disaat saya memutuskan untuk keluar dari zona berpikir yang saya rasa saat itu paling benar, saya bertekad untuk memulai “ngeblog lagi”. Bertemu berbagai macam komunitas blogger. Komunitas yang pertama saya temui dan langsung tertarik yaitu komunitas blogger perempuan ini. Dengan mengikuti 30day challengenya membuat saya merasa tertantang untuk sanggup atau tidak menjalani suatu rutinitas diluar kebiasaan saya sehari-hari.

Ternyata tidak begitu sulit, tapi juga tidak terlalu mudah juga untuk terus memompa semangat setiap harinya. Bisa dibilang tidak sulit, karena ternyata saya bisa. Tidak juga mudah, karena saya merasa butuh effort untuk melakukan ini semua. Gak ada suatu hal yang gak butuh usaha. Semua tergantung dan kembali pada diri saya sendiri. Saya merasa beruntung bisa bertemu dengan komunitas blogger perempuan ini. Menjadi semakin tertantang untuk terus meng-“upgrade” diri sendiri. Mulai membuka pikiran, “jika saya tidak memulainya, maka saya akan semakin terpuruk dalam pembenaran”. Banyak yang harus saya pelajari dan kejar. Masih sangat banyak ruang kosong dalam diri ini untuk menampung milyaran ilmu baru dalam aktivitas yang saya senangi ini, yaitu menulis dan berbagi (karena background seorang guru, rasanya ada yang kurang kalau tidak berbagi).

Terima kasih Blogger Perempuan. Rewards yang saya terima ini akan saya jadikan cambuk untuk diri sendiri disaat malas datang menghinggapi. Perjuangan masih sangat panjang. Belum seberapa untuk mencapai cita-cita dan asa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *