Akhirnya hutang yang satu ini bisa terpenuhi meski cukup sekian purnama dan sekian musim terlewati. hehehe…

Dulu sekali sempat berencana mereview skincare drugstrore yang sempat saya coba. Tapi itu nanti saya bahas di bagian selanjutnya. Sekarang langsung cuss aja ke pembahasannya ya.

Pertama, saat mencari ilham soal muka sendiri dan mencari tahu apa saja kesalahan saya selama ini dalam merawat muka. Saya menemukan beberapa kesalahan yang selama ini saya lakukan dalam lebih dari seperempat abad saya hidup di dunia. :)). Berikut saya jabarkan ya, barangkali ada yang lebih expert bisa menambahkan. Tapi jika orangnya senasib sama saya bisa jadi mengalami hal serupa, dari tidak tahu jadi, ohh…ternyata gitu ya. Semoga bermanfaat deh ya.

Jadi ini beberapa kesalahan yang saya lakukan:

  1. Mengira pelembab yang saya gunakan yang sudah ada SPF-nya bisa melindungi kulit muka. Membuat saya terbebas dari penggunaan sunscreen ya gaes. ternyata ini tetott banget. Sunscreen itu PENTING DAN WAJIB!!!. Camkan bagi yang belum tahu. Meski sudah pake cream muka ber-SPF sekalipun.
  2. Sering mengabaikan membersihkan wajah sebelum tidur. Padahal, seharusnya kita membersihkan muka justru double alias dua kali jika kita banyak beraktifitas di siang harinya.
  3. Membersihkan muka asal-asalan. Kalo mandi istilahnya mandi kebo. Saya suka bersihin muka ala-ala kucing aja. Gosok-gosok-busa-bilas-udah.
  4. Tidak mengenal jenis muka, dan kurang pengetahuan tentang kandungan pada kosmetik yang kita gunakan, sehingga tidak paham mana saja kosmetik yang sebaiknya tidak digunakan secara bersamaan, karena ada kontraindikasi yang bisa kita alami nanti, misalnya seperti jerawat di muka. Yang awet dan manjah…haha
  5. Menggunakan handuk yang sama untuk muka dan badan,
  6. Suka memegang atau memencet jerawat, dan tindakan gatel lainnya (tangan gatel).

Hingga akhirnya saya mencari 10 Step Skin Care Korea, dan bertemulah dengan beberapa video di youtube dari para beauty blogger yang menurut saya bisa jadi noted dan membuat saya berpikir ulang.

Sumber picture: google


Meskipun 10 step skin care ini gak bisa kita ikutin secara mentah-mentah ya, karena kita gak bisa samakan muka kita dengan muka orang korea, dan kondisi juga gak sama di setiap orang. Jadi bisa sesuaikan dengan kondisi masing-masing untuk menjalaninya. Mungkin hanya 7 step atau bahkan cuma 5 step.

Tapi, yang paling penting menurut saya, yang WAJIB dilakukan yaitu:

  1. Double cleansing itu wajib kalo mau tidur. Coba deh rasakan bedanya kalo cuma sekali sama yang dua kali. Berasa lebih bersih dan segar. Kulit terasa lebih halus dan cerah.
  2. Exfoliasi untuk mengangkat kulit mati, minimal 1-2x seminggu itu juga harus. Untuk membuat kulit muka tampak lebih cerah. Ingat, kenali jenis muka. Jangan ikut-ikutan menggunakan exfol yang hits n sama dengan orang lain. Saya sendiri yang kulit muka cenderung normal kering. Gak cocok exfol pake bahan yang ada scrubnya. Pasti suka perih meskipun sudah dibasahi. Cenderung akhirnya bikin muka bruntusan. Jadi saya lebih senang menggunakan exfol yang butirannya sangat halus atau berbahan lotion yang gak ada scrubnya.
  3. Hal yang wajib ketiga menurut saya adalah toner untuk extra membersihkan dan memberikan nutrisi pada wajah. Essence/serum untuk perawatan lebih dalam, karena partikel kecilnya yang sangat bermanfaat menjaga kesehatan kulit sampai ke lapisan yang terdalam.
  4. Moisturezer untuk menjaga kelembaban kulit.
  5. Terakhir SUNSCREEN. Ini sangat waib dan yang sangat saya lupakan dulunya. Seperti cerita di atas, saya menganggap pelembab muka yang saya gunakan yang memiliki spf sudah cukup tapi ternyata tidak. Hingga di saat usia mulai menjauh dari angka 3, flek hitam mulai muncul beberapa di sekitar tulang pipi. Dan ini akhirnya saya sadari setelah semua terlambat. Tapi masih ada harapan dan kesempatan lah ya, untuk menjaga dan mulai merawatnya dari sekarang. Dari pada tidak sama sekali.

Terakhir, yang jadi noted penting bagi saya. Tahu apa isi kandungan skin care kita. Saya beberapa kali mengalami hal serupa saat menggunakan skincare yang ternyata tidak boleh digunakan bersamaan. Karena bikin jerawat makin subur atau malah memicu muncul jerawat baru.

Hal ini berawal saat saya membeli serum elsheskin dan konsultasi dengan dokter onlinenya. Disitu dia menjelaskan untuk serum yang mengandung vit. C gak boleh digunakan untuk muka berjerawat. Harus stop, karena bikin subur jerawat dan jerawat makin menjadi parah. Kedua serum radiant juga tidak disarankan. Saya gak tau apa kandungan yang bikin jerawat subur disini. Apakah arbutin atau niacimide nya saya masih belum paham (nanti coba saya cari tahu lagi dan update ya). Yang jelas kedua serum itu punya efek pencerah (vitamin C mencerahkan, radiant juga).

Tapi sejak tahu penjelasan itu. Saya mulai stop produk garnier dan produk-produk yang ada efek pencerah dan mengandung vitamin C nya. Karena saya selalu merasa setiap menggunakan itu bersamaan dengan serum radiant, malah jadi jerawat. Dan setelah saya coba ternyata benar sampe sekarang gak pernah muncul jerawat lagi. Berarti sebelumnya muncul jerawat karena bentroknya produk yang saya pake (note: sebelumnya saya memang jarang berjerawat karena kulit muka cenderung normal kering alias kombinasi ya). Termasuk saat pake produk garnier tok, paling jerawat muncul saat mau menstruasi.

Nah, lanjut untuk pembahasan skin carenya apa aja di postingan berikut ya. Biar gak kecapean ngebaca tulisan yang panjang. Berikut skincare yang saya coba dari yang termurah sampe yang cukup mahal menurut saya pribadi ya. hehe…cusss

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *