Sebelum membahas satu per-satu skincarenya. Saya jelaskan history penggunaan skin care sebelumnya hingga ke skin care sekarang ya. Dulu mikirnya kalo skincare itu harus satu merk saja (zaman jahiliyah, hehe), tapi sekarang baru sadar kalo di mix itu ternyata gak masalah. Gunakan merk yang cocok dan yang kita butuhkan.

Jadi dulu dari zaman sekolah hingga kuliah, saya cuma kenal pelembab dan facial wash merk Ponds. Hingga nikah pun begitu, sudah sedikit lama nikah sempat pake produk rekomendasi tante, tapi kulit jadi tipis. Dan setelah itu barulah di suruh sama suami untuk perawatan di Natasha. Cocok dan cling dong hasilnya. Tetapi hal ini lama-lama memuat saya berpikir saya gak mau ketergantungan dengan skin care ini. Saya tidak mau terikat lama dengan produk perawatan wajah yang diresepkan dokter kulit yang pasti dosisnya akan naik sewaktu-waktu. Akhirnya saya memutuskan untuk pisah dengan skincare ini. Tapi sebegitu banyaknya info jelek tentang natasha. Bagi saya pribadi gak begitu masalah (gak tahu apa karena kandungannya diberikan yang aman bagi ibu hamil dan menyusui), saya cenderung gak begitu ketergantungan atau gak begitu susah saat melepas skincare yang satu ini. Cuma wajah kembali terlihat kusam dan dari situlah mulai kelihatan masalah-masalah penuaan dini pada muka, karena juga pas banget mulai memasuki usia diatas kepala 3. Menggunakan skincare Natasha sekitar 2 tahunan. Lalu, mulailah saya menjalani revolusi skincare. Apa aja itu? Yuk, bahas satu-satu.

Untuk kegunaannya bisa search masing-masing ya. Sekarang kita bahas skincarenya aja.

1. Pre-Cleanser.

Andalan saya sebenarnya untuk first step skin care yaitu menggunakan minyak ZAITUN. Alasannya untuk melembabkan dan membersihkan wajah paling oke, ini menurut dokter kulit yang dulu menangani Qeena saat kecelakaan menyebutkan zaitun itu paling bagus untuk merawat kulit. Ditambah saat menemukan referensi bahwa pada zaman kerajaan mesir kuno para wanitanya merawat mukanya dengan menggunakan minyak zaitun. Dan ini juga sangat cocok saya gunakan. Kulit terasa lebih lembab dan bersih.

Berikutnya, MICELAR WATER, produk andalan para wanita jaman now yang males cuci/ membersihkan muka sebelum tidur. Biore, Nivea 0% alkohol, dan Garnier pink yang pernah saya coba. Semuanya cocok-cocok aja. Tapi biore rasanya lebih sedikit kuat mengangkat kotorannya, karena juga mengandung alkohol yang lebih tinggi dari yang lainnya. Kurang sukanya karena sedikit lebih keras di muka. Kalo merk garnier dan nivea dari segi harga slain murah, rasanya juga lebih ringan tapi cukup membersihkan kulit muka.

Harga:

Minyak Zaitun Mekkah: dikasi mertua pulang umroh. Sekalian untuk obat kulit Qeena yang kecelakaan.

Minyak Zaitun Herborist: sekitar 30ribuan.

MW Biore sekitar 30ribu.

Garnier lagi promo 21ribu,

Nivea ukuran lebih besar 36ribu.

Kedua micellar water ini cocok-cocok aja di muka

2. Facial Wash.

Dari merk natasha (search sendiri ya bentuknya kayak gimana, hehe) saya langsung beralih ke merk Elsheskin. Isinya yang bening seperti gel, jika diaplikasikan bersamaan dengan air memiliki busa yang pas untuk membersihkan muka, gak over tapi kerasa bersih banget setelahnya. Harga: natasha sekitar 80ribu. Elsheskin 80 ribuan juga.

Cleanser wash yang khusus untuk anti aging. Berhubung usia makin nambah. Harusnya dari usia 20an sudah boleh kok menggunakan anti aging ya.

3. Exfoliating.

Dari dulu sebenernya gak pernah suka dan cocok sama scrub-scrub-an muka. pasti jadi perih dan kadang bikin kering dan beruntusan. Sampe ketemu sama merk Bio-Essence. Bener-bener gak berasa di exfol. Kandungannya halus banget. Tapi berasa sel kulit mati terangkat setelah menggunakan ini, tapi gak bikin tipis kulit muka. Pas awal-awal sempat salah karena gak membasahi wajah dengan air terlebih dahulu, jadi tetap bikin kulit agak kering. Tapi setelah rajin double cleanser pake zaitun dan menggunakan ini di saat muka basah. Exfol ini terasa sangat menyenangkan akhirnya. Karena kelihatan banget hasilnya di wajah. Lebih cerah dan bersih. Harga: Bio Essence 130ribu. Safi 45ribu.

Kedua gambar dari google ya. Belum sempet foto juga. Jadi karena bio essence ini produk singapore, ditawarinlah sama mbak-mbak SPG untuk beli safi ini karena satu produk perusahaan. Bentuknya juga mirip. Tapi ternyata isinya berbeda. Safi butir scrubny cukup besar. Dan mesti santai gosokinnya ke muka. Gak kayak bio. Tapi dari segi harga kelihatan juga. Yang penting kulit di exfol y. Kalo cocok sama harga yang tamah dikantong kenapa enggak.

4. Toner.

Toner pun saya langsung beralih dari pake Natasha ke Elsheskin. Cocok banget karena kandungannya seperti air tapi cepat meresap ke kulit. kulit terasa lebih segar dan lembab alias gak kering. Jadi cocok aja pake ini, masih belum ganti karena elsheskin ini harganya masih ramah dikantong dan cukup lama habisnya. Bisa hampir 3 bulan. Harga: Natasha 80ribu. Elsheskin 80ribu,

Masih rangkaian dari elsheskin. Untuk natasha sudah gak ada fotonya lagi, kayak ya sudah dibuang juga.

5. Essence.

Wardah White Secret Essence

Awalnya sempat menggunakan essence lotion dari garnier. Suka-suka aja sih saat diaplikasikan ke kulit muka. Tapi hasilnya gak begitu memuaskan, alias sama aja rasanya pake gak pake. Cuma terasa lebih lembab aja saat menggunakan. Lalu beralih ke merk wardah. Essence wardah ini sangat cocok banget, kandungannya kayak air. Cepat meresap dan sangat nyaman di kulit. terasa halus dan lembab. Seperti disebutkan dalam kandungannya ada ekstrak edelweis yang bisa juga sekaligus mencerahkan. Kalo kata adik saya, ini SK II nya Indonesia. Alias SK II murahan ya. hahaha. harganya seper-sepuluh harga SK II asli. Tapi menurut saya yang belum pernah menggnakan SK II yang essence. Ini sangat bagus. Sempat beberapa kali menggunaan SK II yang genoptics untuk menghilangan flek muka. Rasanya masih agak sama dengan menggunakan ini kok. sumpah deh..wkwkwk. Harga: essence garnier 35rb 5ml (gambarnyadi bawah), Essence wardah 110rb 90ml.

6. Serum.

Serum juga sama. Sempat 3x beli serum lotion dari merk garnier yang berbeda-beda tipe. Cocok-cocok aja. Tapi rasanya kadang membuat kulit berjerawat untuk yang ada kandungan vit C nya. Hingga beralih ke serum Elsheskin. Serum Radiance dan serum Anti Aging nya sangat suka dan cocok sekali untuk wanita usia 30+ kayak saya. hehehe. Meskipun serum radiancenya belum begitu menampakkan hasil menghilangkan flek hitam di muka, tapi sudah sedikit mulai terlihat samar setelah lebih kurang 6 bulan menggunakan. Hasilnya memanglah gak instan. Butuh waktu yang lama memang untuk menghilangkan flek di muka. Harga : Serum Garnier sektar 35-50ribu. tergantung tipe apa.

Serum radiant ini serum elsheskin pertama yang dipake. Suka banget karena teksturnya yang epat meresap kayak air.

7. Sheet Mask.

Sheet Mask ini termasuk bagian yang suka-suka saya aja. Sesempatnya dan seingatnya dan kalo lagi ada. hehee. Seringnya sih gak pake, karena jarang banget bisa maskeran dan sempatin masker. Kalo rajin dan kalo ada aja. Dan dari referensi yang saya baca juga, ternyata para cewek korea itu kenapa sheetmask jadi hal penting bagi mereka, ternyata karena iklim mereka yang sangat dingin yang bisa membuat kulit amat sangat kering, Jadi rangkaian ini termasuk yang wajib mereka lakukan untuk menjaga kelembaban kulit wajah mereka. Nah, untuk kulit wanita indonesia yang tropis ini, cukup membuat berminyak berlebihan, bagi saya pribadi pastinya, bisa jadi berbeda lagi bagi yang lain ya. Pernah beberapa kali saya menyempatkan melakukan 10 step skincare. Ternyata di wajah saya cukup menghasilkan minyak yang berlebih. Sheemask yang digunakan: Natural republick sheetmask, Garnier, dan beberapa merk yang saya lupa yang saya beli di guardian/watson. Paling seringnya pake NATREP shooting gel sih buat pengganti masker ini. hehehe…. Harga : Natrep 20 ribu per pc. Garnier sekitar 25ribuan. Sheetmask watson guardian sekitar 11ribuan, beli pas diskon. hehehe.

Semua sheetmask yang pernah digunakan kecuali yang shooting gel natrep, rasanya sih biasa aja. Gak begitu yerlihat pengaruh sesudah penggunaan. Hanya saja saat penggunaan masker muka terasa lebih adem dan enjoy aja.

8. Eye cream.

Step ini yang hingga sekarang belum pernah saya lakukan. Masih memilah-milah mana eye cream yang bisa saya aplikasikan untuk lingkaran mata saya pribadi. Ada masukan?hehe. Lagi nyari merk emina.

9. Moisturezer.

Dari natasha beralih ke elsheskin, trus garnier, dan sempat lama ga pake moisturezer, karena saya berpikir udah cukup dengan pake natrep. Nah sekarang baru mau mencoba moisturezer dari emina. yang penting saya pilih yang bisa menghydrasi dan menutrisi kulit muka saya tapi harganya yang relatif standar ya. Harga : Elsheskin: 60 rb. natasha 60 ribu. emina: 22 ribu. garnier 18ribu.

Sleepingmask yoghurt ini dipake malam pengganti krim tidur dulu. Berasa lembab sih setelah pemakaian. Besok paginya kulit kenyal.
Garnier super essencenya juga suka.
untuk garnier serum cream yang ini kadang bikin efek jerawat keluar.

10. Sunscreen/ sunblock.

Skin aqua, Wardah, Emina. 3 merk yang saya gunakan ini, sempat dibahas di postingan sebelumnya soal sunscreen ya. Yang pasti ternyata sunscreen itu bukan persoalan merknya. Kalo spf nya sama ya, mesti kita touch up sekali 2 jam. mau merk apapun itu. Dan Boleh digunakan langsung, boleh bersihkan wajah terleih dahulu (sumber dokter kulitnya mbak gloria morgen ya). Ada yang bentuknya spray itu ternyata bisa diaplikasikan secara langsung tanpa menghapus make up ya. tapi kalo yang lotion ayak gini mungkin mencuci muka terlebih dahulu baru touch up kembali. Nah ternyata sunscreen sama sunblock juga beda katanya. sunscreen hanya ngehalangin UVA saja. sedang sunblock itu dari UVA dan UVB. Harga wardah 29 ribu, emina 29 ribu, skin aqua 80 ribu.

Baru deh bisa aplikasikan yang lainnya seperti make up (bb/cc cream/ cushion/ bedak, dll)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *