Halo…Siapa yang tahun ini berencana mau mudik naik pesawat? Meskipun harga tiket pesawat melambung tinggi, tapi pasti masih banyak para mom yang tetap mudik ke kampung halaman demi bisa bertemu dengan sanak saudara. Berikut tips ala Bunda Q dalam mempersiapkan mudik dengan balita naik pesawat.

1. Sesuaikan jadwal penerbangan dengan jam makan dan istirahat si kecil.

Perhatikan kalau harus transit. Lebih baik lagi kalo bisa menyesuaikan jadwal penerbangan dengan jam tidur bayi. Agar bayi tertidur sepanjang perjalanan.

2. Bandingkan harga tiket anak tiap maskapai

Ada maskapai yang mengharuskan anak berusia di bawah dua tahun untuk duduk di pangkuan penumpang dewasa, tanpa perlu tiket. Tetapi ada juga maskapai yang mengharuskan bayi atau anak dikenakan tiket seharga beberapa persen dari tiket penumpang dewasa.

3. Cari tahu jatah bagasi maskapai 

Dengan mengetahui jatah bagasi kita bisa mengira-ngira barang yang perlu dibawa dan yang tidak perlu dibawa.

4. Bawa stroller yang paling pas dan nyaman untuk bayi, serta praktis dibawa kemana pun. Jika memang harus membawa stroller. Jika tidak begitu perlu, bisa mengabaikan tips yang ke empat ini.

5. Siapkan dokumen di tas kecil terpisah utk memudahkan.

Ini penting bagi para mom yang rempong jika harus mengeluarkan dan memasukkan dokumen-dokumen yang penting saat check out. Seperti KTP. Letakkan di tas terpisah. Biasanya bunda satukan dengan tas salempang kecil bersamaan dengan hp dan kartu-kartu lainnya.

6. Jangan lupa bawa cemilannya dan makanan serta mainan favorit bayi

Ini penting sebagai doping bagi anak yang melewati perjalanan mudik yang cukup jauh dan bisa sewaktu-waktu membuat mereka bosan/ lapar. Untuk mengatasi masalah ini, agar anak dapat dikendalikan, tas makanan secukupnya perlu. Selama anak ngemil makan dan perut kenyang, bisa sedikti mengurangi kerewelan selama di perjalanan.

7. Datang tepat waktu ke bandara.

Hal ini sangat penting agar tidak terburu-buru saat check in dan lainnya. Tepat waktu disini maksudnya minimal sudah sampai 2 jam sebelum keberangkatan ya. Lebih baik lagi bisa lebih awal, apalagi jika butuh memberikan anak makan terlebih dahulu. Misal berangkat pagi belum sempat sarapan atau pas bersamaan dengan jadwal makan siang. Agar bisa melakukan banyak hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu.

8. Cari tahu toilet serta ruangan ibu dan bayi.

Ini bagian penting lainnya agar gak kelabakan nyari kamar kecil disaat salah satu anak kebelet pipis.

Tahun kemaren bunda mudik lewat jalur udara bertiga sama anak. Perdana sendiri membawa anak 2 naik pesawat. Tips-tips diatas rangkuman dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, pas suka mudik berdua sama kakak. Semoga bermanfaat dan perjalanannya lancar serta menyenangkan ya 😊.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *