Haiii. Kali ini saya akan share resep nasi goreng ala rumahan ya. Biasanya masak nasi goreng itu kalo di rumah lagi gak ada stok lauk. Trus anak-anak pas ditanyain mau dibikinin nasi goreng apa??? Jawabnya pasti nasi goreng sosis. 

Cerita soal nasi goreng ini, kayaknya menu andalan di setiap keluarga dengan resep yang berbeda-beda ya. Setiap keluarga punya resep rahasia tersendiri untuk nasi goreng ini.

Nah, ini ya nasi goreng ala bundo Q.

Pertama, siapkan bahan-bahannya

Bahan:

2 piring nasi goreng

5 bawang merah

2 bawang putih

3 cabe merah (bisa skip kalo anak gak suka pedes)

Daun bawang iris tipis

1 buah Telor

Kecap dan saori

Bahan Tambahan (sesuaikan dengan selera ya) :

Sosis, bakso, sawi ijo, kacang polong, buncis, wortel, edamame atau bahan apa aja deh yang jadi sisa-sisa akhir dikulkas suka saya masukin biasanya.

Biar ada sayurannya aja dan tambahan protein.

Cara membuat:

Haluskan bawang-bawang dan cabe. Lalu tumis dengan minyak hingga wangi. Pinggirkan. Masukkan telor, orak arik hingga sdkt mateng. Masukkan toping2 seperti sosis, kacang polong dan wortel yang sudah dipotong dadu kecil. Tambahkan kecap dan saori di bahian dasar wajan ya. Biar wanginya keluar kalo kata juri master chef heheh. Kalo udah wangi dan cukup matang semua. 

Lalu masukkan nasi dan aduk hingga tercampur semua. Terakhir tambahkan daun bawang atau seledri (optional ya). Gak pake juga sesuaikan sama selera.

Nasi goreng siap dihidangkan untuk sekeluarga. Tambahkan kerupuk atau telor ceplok/ dada lagi juga boleh. Tambahin timun/tomat sebagai toping dan penambah rasa segarnya. Gampang banget kan? Iya. Bikinnya yang gampang-gampang aja karena anak-anak pasti udah menunggu dengan gak sabaran mau makan. 

Semoga bermanfaat ya resep singkat dan simple nasi goreng ala bunda. 

Nah, sekarang resep opor ayam ala bunda Q2

Ini resep opor ayam yang pake kunyit. Dan diberi cabe 3 biji. Jadi seperti gulai ayam. Kalo kata mertua opor ayam dan gulai ayam itu ya sama. Atau hampir mirip ya.

Opor ayam atau ayam kurma kata ibu mertua, anak-anak suka makannya.

Bumbu halus:

5 bawang merah

2 bawang putih

Jahe 1cm

Kunyit 1cm (optional, gak pake juga gapapa)

Bahan:

Satu ekor ayam (10 potong), cuci bersih

Daun salam

Sereh

Daun jeruk

Santan kara 200ml

Air secukupnya

Minyak canola untuk menumis

Garam dan gula (optional)

Cara membuat:

Haluskan dengan blender bawang merah, bawang putih, jahe dan kunyit.

Tumis hingga wangi dengan daun salam, jeruk dan sereh.

Masukkan ayam aduk sebentar.

Tambahkan air.

Masukkan santan kara. Tambahkan garam atau merica (jika mau), kalo gak pun gapapa rasanya tetep enak. Masak hingga matang.

Ayam kurma ini kata mertua hampir sama dengan opor ayam. Ini tanpa kunyit.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *