Menyikat gigi saat berpuasa bikin puasa batal gak sih?

Batal sih kalo airnya habis dikumur terus diminum. Hehe. Asal gak diminum dan sampai ke tenggorokan sih gak masalah ya. Apalagi jika kita justru disuruh untuk menjaga kesehatan mulut kita. Bukan berarti mentang-mentang lagi puasa. Jadi kita pun tidak menyikat gigi karena takut puasanya batal.

Nah, kita lihat dulu yuk bahasan dari segi agama. Boleh gak ya sikat gigi saat berpuasa?

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَوْلاَأَنْأَشُقَّعَلَىأُمَّتِىلأَمَرْتُهُمْبِالسِّوَاكِعِنْدَكُلِّوُضُوءٍ

Seandainya tidak memberatkan umatku niscaya akan kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali berwudhu.” (Hadits ini dikeluarkan oleh Bukhari dalam kitab Shahihnya secara mu’allaq(tanpa sanad).

Sumber https://rumaysho.com

Dari hadits diatas dinyatakan bahwa bersiwak atau sikat gigi diperbolehkan setiap saat. Namun beberapa ulama pun menyatakan hukum sikat gigi dengan pasta itu makhruh. Karena masih ada rasanya. Tapi sebenarnya berkumur-kumur dengan air pun juga ada rasanya. Tapi ini diperbolehkan. Selagi sesuatu itu masuk kemulut dan dimuntahkan kembali itu termasuk diperbolehkan. Tidak akan merusak puasa selagi tidak masuk ke rongga tubuh ataupun perut. 

Akan tetapi jika disaat setelah sikat gigi ada yang tertelan dan masuk ke rongga perut. Itu berarti merusak puasa. Karena ketidak hati-hatian kita.

Nah, biar bisa lebih berhati-hati dan terhindar dari rasa khawatir. Untuk yang berpuasa bisa melakukan sikat gigi saat sehabis sahur sebelum imsak. Dan setelah berbuka puasa ya. Biar tidak menjadi ragu-ragu apakah akan merusak puasa kita atau tidak. 

Jangan lupa biar ingin lebih segar dan tidak bau mulut. Berkumur-kumur juga dengan larutan kumur yang sekarang ada banyak dijual di pasaran. Agar lebih segar dan terhindar dari bau mulut. Pasti puasanya pun lebih terasa nyaman. 

Sekian ya. Semoga bahasan singkat kali ini bermanfaat.

Sampai jumpa👌🏻😉

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *