Halo… udah gak berasa ya. Sudah memasuki puasa ke 10 aja. Masuk ke 10hari kedua puasa. Gimana kabar puasa dan ibadahnya? Harusnya makin meningkat ya. Nah, kali ini kita akan membahas tentang penyebab bau mulut pada saat puasa nih.

Ada yang bilang bau mulut orang yang berpuasa itu sama dengan wangi minyak kasturi di akhirat nanti. Apa bener? Trus apa kita jadi gak memperhatikan bau mulut saat berpuasa ya? Hmmm kayaknya gak juga ya. Yang ada malah kita menggangu orang disekitar kita ketika bau mulut.

Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam Sahih-nya:

وَالَّذِينَفْسِيبِيَدِهِلَخُلُوْفُفَمِّالصَّائِمِأَطْيَبُعِنْدَاللهِتَعَالَىمِنْرِيْحِالْمِسْكِ

Artinya, “Demi Zat yang berkuasa atas nyawaku, sungguh bau mulut orang puasa itu lebih wangi menurut Allah daripada bau misik.”

Dari hadits di atas, banyak sekali yang salah kaprah memaknainya. Karena disebutkan bahwa bau mulut orang berpuasa lebih wangi daripada bau minyak misik, maka orang mengira bahwa yang menjadi patokan adalah bau mulutnya sehingga orang tersebut merasa tak perlu membersihkan mulutnya ketika berpuasa. Mereka menganggap semakin berbau mulut, maka akan semakin wangi seperti misik menurut Allah SWT. Trus ngerasa udah gak perlu lagi sikat gigi. Heheh. Salah ya. 

Jadi, jangan sampai kita salah kaprah dengan memaknai haditsnya.

Tetap saja kita harus memperhatikan kebersihan mulut saat berpuasa.

Ada 5 tips bagaimana cara menghindari bau mulut saat berpuasa nih.

1 Minum sedikit green tea saat sehabis makan sahur. 

Teh hijau bisa membantu mematikan kuman dan bakteri di mulut serta menjaga kesehatan rongga pernafasan.

2. Mengurangi makanan berlemak dan pedas saat sahur.

Ini tips yang dikasi sama adha saat sahur itu jangan makan makanan yang memicu kerja keras lambung. Jadibgak udah makan terlalu berat serta berlemak. Karena ini bisa menjadi pemicu bau nafas tidak segar. Sedikit mengkomsumsi makanan pedas berminyak. Lebih mengutamakan makan buah dan sayur. Akan membantu pencernaan bekerja lebih ringan. Jika perlu tambahan karbohidrat. Oat milk kurma bisa menjadi pilihan.

3. Menyikat lidah setelah menyikat gigi

Jadi tidak hanu menyikat gigi ya. Membersihkan lidah pun perlu agar terhindar dari kuman dan bakteri penyebab bau mulut.

4. Berkumur dengan minyak kelapa alami sebelum menyikat gigi sebelum tidur.

Minyak kelapa juga bisa membantu kita dari penyebab bau mulut tidak segar saat puasa.

5. Menyikat gigi saat sahur ya tentunya. Dan jika ingin melengkapinya dengan kumur pake larutan khusus untuk berkumur.

Trus kalo penyebab bau mulutnya karena makan jengkol dan pete gimana ya? Haha. Bahaya banget ya kalo saat puasa bau mulutnya disebabkan karena jengkol dan pete.

Ada beberapa tips nih buat ngilangin bau mulut karena makan kedua makanan tersebut.

  1. Berkumur dengan air garam
  2. Minum kopi hitam yang pekat.
  3. Mengungah beras
  4. Minum minuman bersoda
  5. Menyikat gigi dan berkumur.

Hehee. Mudah-mudahan bisa hilang yaa. Bau pete dan jengkolnya.

Sikat gigi saat sahur dan jangan lupa berkumur bisa membuat nafas lebih segar. Puasa pun lancar 😊

Nah, gimana? Gampang ya. Kalo amu dijalani dengan tekun. Pasti akan bisa membantu kita agar terhindar dari bau mulut yang tidak segar. Selamat mencoba dan selamat berpuasa.👌🏻🤗

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *