Tema dari blogger perempuan kali ini yaitu, Cara menggunakan panci presto. Hmm…

Judul kali ini bener-bener bikin bunda mentok mau bahas apa. Karena seumur-umur emang belum pernah punya panci presto. Hahaha. Boro-boro tahu cara menggunakannya ya. 

Paling juga baru pernah lihat punya mama di kampung dan suka di pake buat bikin sop dan daging asam padeh. Tapi gak tau itu bener panci presto apa bukan. Hehehee

Disitu bunda juga cuma liat aja, cara makenya. Jadilah pas baca tema yang dibikin blogger perempuan soal ini, jadi berniat beli panci presto dan nyobain trial dulu buat bisa bikin review cara makenya hehehe.

Nahh, tapi kali ini aku mau bahas soal alternatif lain yang bisa digunakan untuk pengganti panci presto. Sebuah ide yang lagi hits metode masak yang mengefesienkan waktu dari yang biasanya memakan waktu yang lama, namun dengan metode ini bisa lebih cepat.

Alternatif pertama,

Metode memasak 5-30-7 namanya. Pernah dengar kan? Metode yang lagi hits di kalangan emak-emak dapur. Metode memasak ini didengungkan memasak lebih hemat waktu dan hasil yang didapat pun sama.

Gimana sih metode 5-30-7 itu?

Jadi berdasarkan info yang saya dapatkan, metode ini menggunakan cara merebus makanan yang biasanya bisa memakan waktu berjam-jam, tapi tidak sampe sejam dengan metode ini.

Cukup dengan merebus bahan makanan yang kita inginkan selama 5menit. Lalu matikan kompor dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu nyalakan kompor kembali, rebus selama 7 menit. Maka dari itu dinamakan metode 5-30-7.

Seperti yang saya baca dari beberapa situs online, mengatakan bahwa metode ini bisa digunakan untuk memasak daging lebih hemat waktu. Dan akhirnya salah seorang teman saya mencobanya karena hendak memasak soto. Dan akhirnya testi dari teman saya ternyata memang dagingnya cukup empuk. Tapi hasilnya kurang meresap.

Lalu saya coba cari lagi info yang lebih valid, akhirnya menemukan wawancara dengan penemu metode ini, ternyata memang tidak begitu disarankan untuk memasak daging-dagingan atau daging ayam. Tapi metode ini bisa pas dan hasilnya sangat puas dan hampir sama dengan metode biasa untuk makanan sejenis bubur kacang hijau ataupun bubur ayam.

Nah, kira-kira ibu-ibu di rumah mau coba gak metode ini untuk merebus daging?

Alternatif yang kedua,

Menggunakan Panci mama yang saya sebutkan di atas. Karena rasa penasaran saya akhirnya saya coba tanya mama yang nun jauh di kampuang sana. Ternyata mama lupa sama merk pancinya, tapi bukan panci presto gaes. Wkwkw. Jadi panci ini saya lihat waktu lebaran mama masak daging asam padeh sangat sebentar dan dagingnya empuk pisann plusss meresap.

Jadi ciri-ciri pancinya memiliki 2 buah panci yaitu semacam panci luar (outer) dan panci dalam (inner). Nah, panci ini sempat kita temukan di supermarket deket rumah. Di giant. Mama sempet sampaikan panci itu yang mama pake, tapi aku saat itu belum tertarik buat membeli, “next Ma. Bakalan aku beli”. Hehehee.

Cara penggunaannya hampir sama seperti metode di atas, memasak daging hingga mendidih airnya (berikut bumbu-bumbunya ya) dengan panci inner. Lalu matikan api. Masukkan panci inner ke dalam outer dan diamkan 30-60menitan. Tutup panci inner dan outer. Lalu buka tutup ya setelah sejam kemudian. Semua makanan matang sempurna dan khas makanan padang yang meresap hingga ke dalam pun tercipta optimal.

Gimana? Mau ikutan saya hunting panci ini? Yuk…

Setelah saya coba googling. Lebih kurang pancinya seperti ini ya. Panci masak 2 lapis namanya. Memiliki fungsi yang hampir sama dengam panci preston menurut mama. Tapi mama karena takut menggunakan panci presto khawatir salah prosedural. Makanya beliau lebih menyarankan panci ini.
Sumber foto: google

Merk nya juga tidak saya temukan. Cuma merk dengan tulisan china. Berikut info tentang panci ini yang saya dapatkan di ulasan produknya.

ukuran 7 Liter.

Flame Free Cooking
* konsep memasak 15 menit
* memasak cepat
* fungsi tahan panas selama 8 jam
* hemat gas hingga 80%
* vitamin dan nutrisi pada makanan tetap utuh/ tidak berkurang
* dilengkapi infrared thermal ring, yang berfungsi sebagai penyimpan panas

HEMAT
* dilengkapi dengan infrared Ring yang berfungsi sebagai penyimpan panas
* memasak hanya 15 menit diatas api
* memasak lanjutan hingga 2 Jam dan hangat tanpa api
* hemat gas hingga 80%
* penyebaran panas merata

PRAKTIS & AMAN
setelah 15 menit , panci dalam dimasukan ke panci penghangat , proses memasak dapat terus berlangsung tanpa perlu pengawasan ekstra
MULTIFUNGSI_fungsi penghangat selama 4 jam ( 70 C) hingga 8 jam sebagai penghangat.

1 set POT terdiri dari:
1 stainless steel thermal outer pot cover ( panci luar sbg penghangat) dan penutup stainless. 
1 steaming rack (rak kukus)
4 stainless steel cups ( cangkir )
1 stainless steel inner pot ( panci dalam yg di pakai utk masak di atas api) with infrared thermal ring dan penutup kaca. uk.
2 cengtong stainless.

SPESIFIKASI:
Kapasitas: 7 liter
Diameter: 24.5 cm
Tinggi panci dlm: 16.5 cm
Tinggi panci luar 24cm + gagang 20.5cm

Semoga bisa menjadi alternatif lain selain menggunakan panci presto ya. Ada yang sudah tahu nama panci ini? Atau sudah menggunakannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *