Memperbanyak amalan di bulan suci ramadhan adalah dambaan bagi muslim yang menjalani puasa. Setiap amalan yang kita lakukan di bulan suci ramadhan ini dijanjikan oleh Allah pahalanya akan berlipat ganda, membuat umat muslim berlomba-lomba melakukan amalan sebanyak-banyaknya.

Banyak hal yang bisa kita lakukan saat bulan suci ramadhan yang penuh berkah ini. Salah satunya melakukan hal-hal yang positif. Yang biasanya kurang senyum kita lebih banyak tersenyum. Yang biasanya emosian, kurang bisa mengontrol emosi. Kita lebih berusaha untuk mengontrol dan melatih emosi. 

Gak sedikit juga yang ingin menuai pahala dengan melakukan amal kebaikan. Beberapa waktu di pertengahan bulan suci ramadhan, saya sempat membaca berita tentang #wahyoochallenge. Yaitu para driver ojek online yang hendak membelikan makanan untuk berbuka dan sahur pelanggan, diberikan kejutan dengan mendapatkan hadiah berupa makanan yang telah berusaha mereka beli dengan perjuangkan ditengah-tengah keramaian dan hiruk pikuk orang yang hendak berbuka puasa. 

Hal ini banyak disambut positif dan menular loh. Gak sedikit akhirnya juga ikutan melakukan hal baik seperti ini. Jadi mereka memesan makanan di salah satu venue, lalu makanan tersebut di beri tahu sama si pemesan untuk tidak usah diantarkan. Tapi buat si bapak/ibu ojek online tersebut. Banyak dari driver ojol akhirnya terharu bahkan menangis menerima pemberian tersebut. Yang ternyata mereka memang tidak sempat sahur atau bahkan berbuka demi mendapatkan pesanan pelanggan yang memang sangat sulit di jam-jam genting saat buka puasa.Salah satu amalan yang oke dan menular ya. Patut ditiru.

Beberapa amalan lain yang bisa kita lakukan di bulan suci ramadhan:

  1. Memperbanyak sholat sunnah. Yang biasanya cuma sholat wajib 5 waktu. Di saat ramadhan, seorang muslim juga melakukan sholat sunnah tarawih. Dengan ini menambah amalan puasa kita. Begitu juga sholat malam, sholat dhuha dan sholat sunnah lainnya pun didirikan.
  2. Memperbanyak membaca Kitab suci Al qur’an. Di saat bulan puasa gak sedikit yang berusaha menamatkan 1 al qur’an alias 30 juz.
  3. Bersedekah. Banyak yang menambahkan porsi sedekah di bulan ramadhan ini. Berharap mendapatkan pahala dari Allah.

Nah, gimana nih, kalo kita misalkan tidak bisa berpuasa. Tidak sholat karena sedang mendapatkan periode bulanan alias haid. 

Amalan Puasa yang bisa dilakukan oleh wanita yang sedang haid juga banyak ya, diantaranya:

  1. Membaca al qur’an tanpa menyentuh mushaf. Bisa dengan mendengar murottal sekaligus ikut membacanya.
  2. Berdzikir dengan memperbanyak bacaan tasbih (subhanallah), tahlil (laaillahaillallah), tahmid (alhamdulillah), dan dzikir lainnya

Membaca dzikir ketika lailatulqadar:

“Ya Allah, sesungguhnya Engkau Dzat yang Maha Pemaaf dan Pemurah. Maka, maafkanlah diriku.”

3. Memperbanyak istighfar

4. Memperbanyak do’a

5. Menyiapkan makanan berbuka atau ta’jil bagi orang yang berpuasa. Maka dia akan mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa. Dulu jaman kuliah inget banget, beberapa kali kita sengaja menyiapkan ta’jil dan membagikannya ke orang-orang yang berada di terminal depan kampus. Karena banyak yang tidak sempat membeli makanan berbuka di saat harus buru-buru berangkat. Kegiatan sosial seperti ini seru juga karena bisa memberikan kebahagiaan bagi banyak orang.

“Barang siapa memberi makan pada orang yang berbuka puasa, maka ganjarannya sama dengan amalan orang yang berpuasa”

(Bukhori – Muslim)

Sedikit share cerita yang pernah aku tulis sekitar tahun 2009 (10tahun yang lalu masyaallah gak kerasa😍).

“Jadi inget semasa kuliah. Sekali seminggu bikin Ta’jil bareng sama temen-temen buat dibagi-bagiin ke orang-orang yang di jalanan. Sama temen-temen kosan, n temen-temen di kampus. Serunya.. ngeliat anak-anak jalanan yang puasa dapat banyak makanan…”

Lucu lagi, pas melihat supir-supir angkot seneng bukan main pas dapet bukaan gratis…

“Tararengkyu neng.. nuhun atuh nyaa””^_^

Wuaahhh… kapan lagi bisa seperti itu yah???

Kalo di kota ku sekarang, ga mungkin deh. Selain orang-orangnya juga pada mampu, mereka juga rata-rata pasti gengsi. Emang orang minang gengsinya sedikit tingkat tinggi…

Deuuu, jadi kangen anak jalanan…

Segitu dulu ya. Semoga tulisan ini bermanfaat.😊🙏🏻

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *