Berbuka puasa dihari terakhir ramadhan sangat sering kita lihat dimana-mana. Saat mulai mudik dan berkumpul bersama keluarga hingga berkumpul bersama teman-teman lama. Tradisi berbuka bersama ini tidak bisa dihilangkan begitu saja. Karena selain menjadi ajang kumpul keluarga. Momen ini juga hanya sekali-sekali bisa kita lakukan. Bisa menjadi ajang silaturrahim juga bersama keluarga yang lain. Yang biasanya jarang berkumpul bersama-sama. Namun dengan adanya ramadhan dan hari raya, berbuka puasa bersama keluarga menjadi suatu hal yang wajib dilakukan.

Tradisi berbuka bersama keluarga tahun ini tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Kita berbuka bersama keluarga baik dari pihak aku ataupun dari pihak suami. Momen berbuka puasa di keluarga suami sekaligus menjadi ajang berkumpul bersama orang tua dan adik-adiknya. Buka bareng di suatu tempat makan akan kita adakan dalam satu waktu di hari-hari terakhir ramadhan. Di saat semua sudah pada kumpul. Di keluarga suami yang biasanya berbuka bersama kalo di rumah setelah berjualan berbagai macam makanan untuk ta’jil seperti es teller, risolles, onde-onde (klepon bahasa jawa ya), dan tahu isi. Makanan apapun rasanya kalo udah berkumpul di keluarga pasti akan terasa enak ya. Tapi, ini menunya bener-bener menggugah selera. Selain menu ta’jilnya yang menggiurkan. Juga untuk menu makanan utamanya dengan makanan khas padang menjadi suasana berbuka menjadi lebih nikmat.

Berbeda dengan cara berbuka di keluarga suami. Berbeda lagi dengan keluargaku. Berbuka bersama tahun ini kita tidak kumpul semua. Berlima bersaudara rasanya akan sangat ramai ya kalo kumpul semua sekaligus sama anak-anak. Tahun ini adik ketiga yang masih menjalani kehidupan di negara lain alias di columbus, amerika serikat sana. Masih belum bisa menjalani momen berbuka bersama-sama di hari akhir ramadhan. Adik ketiga beserta ketiga anaknya dan suaminya masih menjalani ibadah puasa dan lebaran di negeri sana. Jadi saat acara berbuka si papa pasti akan video call agara suasana tetap terasa berbuka sama-sama. Dengan menu makanan dari hasil karya mama yang pasti sangat fenomenal masakannya bagi anak-anaknya. Keriuhan 4 orang anak dengan 4 orang cucu sudah cukup membuat suasana berbuka sedikit bahagia. Diakhiri dengan melaksanakan sholat berjamaan bersama-sama atau yang bapak-bapaknya sholat di mesjid. Kita di rumah bersama anak-anak. Begitulah momen berbuka bersama dikeluargaku tahun ini. Ramadhan tak terasa tinggal beberapa hari lagi. Sudahlah kamu berbuka bersama-sama keluarga tahun ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *