Tradisi beli baju lebaran dari zaman ke zaman masih sangat tinggi ya. Kelihatan banget dari ramenya pusat perbelanjaan dikunjungi dimana-mana. Gak di ibukota gak di daerah, tempat perbelanjaan bahkan hingga larut malam gak pernah sepi dari pengunjung.

Meski sekarang ada bedanya, banyak juga yang memilih berbelanja online untuk membeli baju lebaran. Euforianya gak kalah gilanya ternyata dengan yang berbelanja melalui toko biasa. Si pemilik toko online yang baru share bajunya, itungan detik ludess. Gila gak sih?? Kadang aku mikir ini orang indonesia kalo dibilang gak mampu kayaknya engga juga, pada mampu semua. Hahah

Meski pada banyak jastip sekalipun tapi tetep aja setiap mau lebaran selalu rame pengunjung yang berbelanja. Berkah ramadhan dan lebaran pun saling mengalir dari satu ke yang lainnya. Yang jualan baju pasti deh laris manis. Tandanya tradisi beli baju lebaran itu masih cukup berdengung tinggi ya di negara kita.

Tapi dari sekian banyak orang di indonesia. Ada sedikit perbedaan di setiap daerah dalam beli baju lebaran. Dari sekian banyak itu, masih ada juga sih yang gak membeli baju baru segala baru saat lebaran. Yang ngerasa gak perlu beli baju lagi, karena bajunya terkadang hanya di pake saat lebaran. Akhirnya beberapa orang masih menggunakan baju tahun sebelumnya untuk berhari raya.

Baju hits setiap lebaran pun biasanya berubah-ubah dari tahun ke tahun. Mulai dari baju tunik yang sempat ngehits di beberapa tahun lalu. Model kaftan yang juga sempat booming habis-habisan hingga sekarang balik lagi ke model baju gamis semi dress yang banyak diminati oleh para pembeli. Gamis atau dress yang terkesan simple tapi tetap syar’i jika dipakai untuk sholat id ini mewarnai beberapa toko baik online store ataupun offstore. Beberapa toko online memasang motif dan buadaya khas setiap daerah di indonesia untuk menjadi trend model baju dan hijab untuk lebaran.

Meskipun begitu, dibalik semua tradisi dan model baju lebaran itu semua. Terlepas dengan semua serba baru di hari raya. Pada hakikatnya kita merayakan kemenangan yang telah kita raih selama bulan suci ramadhan. Meskipun tidak dengan menggunakan pakaian serba baru. Semua umat islam yang telah berhasil berjuang melewati 30hari selama bulan ramadhan akan memakai jiwa dan hati yang baru di saat lebaran. Tubuh kita tidak hany ditutupin dengan baju fisik baru tetapi juga baju ruh yang baru si hari raya idul fitri nanti. Selamat bagi yang sudah menjalankan ibadah puasa setahun penuh. Dan selamat berhari raya di 1 syawal nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *